7 Fakta Unik Tentang Alam Semesta

0 komentar

Kamu pasti tahu apa itu alam semesta, di SD dulu kita sudah banyak mengenal bagian dari alam semesta, seperti Galaksi, Planet, Satelit dan masih banyak lagi. Tetapi diluar dari kesadaran kita, alam semesta mempunyai keunikan tersendiri. Berikut ini 7 keunikan yang ada di alam semesta :

1. Logam Yang Bersentuhan di Luar Angkasa
 Jika dua potong logam bersentuhan di ruang angkasa, mereka menjadi menempel secara permanen Dua keping logam tanpa dilapisi apapun akan bereaksi menyatukan diri satu sama lain jika berada di luar lapisan atmosfer bumi. Ini tidak terjadi di atmosfer bumi karena menempatkan lapisan bahan teroksidasi antara permukaan. Lalu, bagaimana jika ini terjadi di stasiun ruang angkasa? Faktanya: bahan-bahan logam yang dibawa ke luar angkasa telah dilapisi dengan bahan lain untuk mencegah reaksi kimia tersebut.
2. Akibat Rotasi Bulan

Bulan menjauh dari bumi Setiap tahun bulan bergerak 3.8cm menjauhi Bumi. Hal ini disebabkan oleh efek pasang surut. Akibatnya, rotasi bumi melambat sekitar 0,002 detik per hari per abad. Faktanya: menurut Al-Quran, akhir dari kehidupan adalah pada saat waktu berhenti/bumi berhenti berputar. Dimana pada nyatanya, rotasi bumi semakin lambat dari hari ke hari.
3. Misteri Alam Semesta
Usia alam semesta telah mencapai 30 Miliar tahun Merujuk pada teori sains modern tentang Big Bang yang menyatakan bahwa alam semesta tercipta lewat ledakan segumpal energi panas yang merenggang hingga membentuk komponen tata surya yang terjadi sekitar 30 miliar tahun yang lalu. Faktanya: teori tersebut secara tidak sengaja mendukung teori kuno Al-Quran yang menyatakan alam semesta tercipta dari sebuah ledakan.
4. Tentang Venus
Venus satu-satunya planet yang berputar berbeda arah Venus adalah planet kedua terdekat dengan Matahari. Venus terus membangkitkan minat banyak ilmuwan selama bertahun-tahun setelah ditemukannya. Menariknya, venus mengorbit Matahari searah jarum jam, sedangkan planet-planet lainnya berputar berlawanan dengan jarum jam.
5. Usia Bulan Lebih Tua Dari Bumi???
Usia bulan lebih tua dibanding bumi Mungkin anda mengira bahwa bulan tercipta setelah bumi karena bulan berperan sebagai satelit bumi, namun faktanya bahwa usia bulan 1 miliar tahun lebih tua dibanding usia bumi. Bumi diperkirakan paling tua umurnya telah 4,6 miliar tahun sementara bulan sudah 5 miliar tahun lebih. Pertanyaan "dari mana bulan berasal?" masih menjadi misteri bagi ilmuan-ilmuan dunia.
6. Keunikan Gerhana Bulan
Keunikan Gerhana bulan total Bulan bisa menutupi matahari dalam gerhana bulan total, tapi ukurannya tidak sama. Yang menarik, jarak matahari ke bumi persis 395 kali lipat jarak bulan ke bumi, sedangkan diameter matahari persis 395 kali diameter bulan. Pada saat gerhana matahari total, ukuran bumi dan bulan persis sama, sehingga matahari bisa tertutup bulan secara sempurna. Hitungan ini terlalu cermat dan akurat jika hanya merupakan kebetulan astronomi semata.
7. Globalisasi

Makhluk hidup akan musnah dalam waktu dekat

Pemanasan global adalah satu peristiwa yang tak bisa dihentikan yang mempengaruhi kondisi iklim di bumi. Badai yang menghancurkan, gelombang air pasang, tsunami dan kelaparan akibat kekeringan akan terus berlanjut meskipun usaha-usaha untuk mengendalikan polusi dan kerusakan lingkungan telah dilakukan.



Hutan hujan pernah meliputi 14% dari permukaan bumi. Sekarang hanya tersisa sekitar 6% dan menurut perkiraan para ahli hutan hujan yang tersisa itu akan habis dikonsumsi kurang dari 40 tahun kedepan.

Perkiraan para ahli bahwa kita sedang kehilangan 137 jenis tanaman, hewan dan serangga setiap harinya karena penebangan hutan-hutan hujan. Atau sama dengan 50.000 jenis setiap tahunnya.

Penebangan hutan yang merajalela sekarang ini menyumbang 20% polusi pemanasan global diakibatkan oleh terhambatnya penyerapan kembali CO2


Sumber : kaskus.us

Share this article :

Poskan Komentar

 
Dari Berbagai Sumber | Shared © 2011 Fakta-7
Created by Creating Website Published by Mas Template